Senin, 04 Desember 2017

Jenis Glaukoma Penting Untuk Diketahui

Jenis Glaukoma Penting Untuk Diketahui ,- Salah satu gangguan dan merupakan penyakit mata yang sering dibicarakan dan mengganggu kehidupan adalah glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang sering kali tidak memilki gejala yang bisa diamati saat pertama kali menyerang pada seseorang.

Glaukoma merupakan penyakit mata yang membahayakan saraf optik karena terdapat kondisi peningkatan tekanan cairan di dalam mata sehingga menghimpit syaraf yang nantinya dapat berakibat pada kebutaan.

paling tidak ada 4 jenis glaukoma yang bisa dikenali yang biasanya menyerang mata, antara lain adalah:

1. Glaukoma sudut terbuka
Pada mata yang sehat, cairan mengalir ke dalam,luar dan sekitar mata dari sudut terbuka tempat bertemunya kornea dan iris karena sudut ini berfungsi sebagai saluran pembuangan. Pada glaukoma, cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik sehingga menyebabkan penumpukan cairan di dalam bola mata dan menekan syaraf optik. Hal inilah yang dapat menyebabkan kebutaan.

2.Glaukoma Normal tension
Terkadang kerusakan syaraf optik dapat terjadi pada orang dengan tekanan mata normal. Hal ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, tetapi faktor risiko engalami normal-tension glaukoma, bisa termasuk riwayat keluarga yang pernah mengalami glaukoma jenis apapun, dan riwayat penyakit kardiovaskular.

3. Glaukoma sudut tertutup
Jenis ini cukup langka dan terjadi ketika bagian iris mata menutupi jalannya drainase atau sudut terbuka pada mata. Karena cairan di dalam mata tidak bisa keluar, terjadilah penumpukan dan tekanan pada bola mata sehingga menyebabkan kerusakan jaringan yang berakhir pada kebutaan. Gejala bisa diamati, seperti sakit kepala, nyeri mata, penglihatan kabur, serta mual dan muntah.

4.Glaukoma kongenital
Glaukoma ini terjadi saat bayi baru dilahirkan. Hal ini bisa disebabkan oleh keturunan orang tua yang memiliki glaukoma. Hal ini bisa juga disebut cacat mata dengan menunjukan gejala berawan pada penglihatan, terlalu peka terhadap cahaya dan robek pada kornea.

Untuk mengetahui secara pasti, pemeriksaan mata secara teratur adalah hal penting untuk dilakukan agar mendapat diagnosa yang tepat dan glaukoma dapat diobati untuk menghindarkan kerusakan penglihatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar