Senin, 20 November 2017

Berikut Gejala Glaukoma Agar Anda Tak Buta Mendadak

Berikut Gejala Glaukoma Agar Anda Tak Buta Mendadak,- glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak di dunia setelah katarak. Karena sifatnya permanen atau tidak dapat di perbaiki (irreversible), glaukoma sering disebut sebagai "si pencuri penglihatan". Biasanya glukoma banyak ditemui di negara yang berkembang seperti indonesia.

Pada penderita glaukoma, tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi sehingga dapat meruksak serabut saraf mata yang membawa sinyal penghilhatan dari mata ke otak.

Umumnya glaukoma terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Namun seiring waktu, glaukoma dapat juga menyerang mereka yang masih berusia produktif, bahkan yang sebelumnya tidak memiliki keluhan pada penglihatan. Untuk itu. DR. dr. Ikke Sumantri, SpM (K), Ketua Glaucoma Service JEC, menjelaskan beberapa gejala glaukoma yang patut Anda ketahui agar mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Pertama kali yang di rasakan pada penderita glaukoma akut antara lain, bila memandang lampu atau sumber cahaya maka timbul warna pelangi di sekitar cahaya tersebut, mata terasa sakit, disertai sakit kepala hingga mual dan muntah. Lalu penghilatan buram mendadak serta berkurangnya luas lapangan penglihatan.

kepala selalu terasa pusing walaupun sudah diistirahatkan, pusing yang secara berulang menandakan anda terkena glaukoma, 90 persen terkena glaukoma akut sudah di pastikan mengalami kebutaan.

Kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma tidak dapat diobati, namun tujuan pengobatan ini adalah untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata. Secara umum, glaukoma bisa di tangani dengan terapi laser.

Penyakit saraf memang belum ada obatnya. Untuk kasus glaukoma sebaliknya anda rutin mengikuti terapi laser. Sebab bila penanganannya lebih dari tiga hari menyebabkan mata sebelah yang tidak terkena glaukoma akut menjadi terkena juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar